STAPALA LEUSER EXPEDITION 2007 >>> the journal (6)

by pramana

Hari ke-6, Kamis, 30 Austus 2007
( Blang Beke – Kolam Badak )

Blangbeke merupakan padang rumput berbatu yang luas. Blang adalah bahasa Gayo yang artinya padang rumput, sedangkan beke adalah nama sejenis tumbuhan, namun kata Pak Ali tumbuhan itu kini sudah tidak ada. Tempat ngecampnya berada di tengah jalur dan bisa untuk beberapa tenda. Sumber air berada di sebelah kiri sekitar 10 m dari jalur. Air genangan di sini sangatlah bersih. Berbeda sekali dengan air di sumber-sumber air sebelumnya yang warnanya agak kecoklatan.
Pagi itu cuaca di luar tenda sudah berkabut. Setelah sarapan dengan nasi kuning, korned,abon, ditambah susu dan teh hangat, kami segera packing dan bersiap berangkat. Pukul 09.20 kami mulai pendakian hari ini. Kami begitu bersemangat melintasi padang rumput itu, pemandangan terbuka ke segala arah. Jalur pertama datar dulu baru kemudian mulai turun ke lembah dan menyeberangi sungai kecil. Kami naik turun bukit dan total menyeberangi 2 sungai kecil, satu sungai sedang yang lebarnya 4m sebelum bertemu dengan Sungai Alas. Penyeberangan basahpun dilakukan. Menyeberangi Sungai Alas yang lebarnya sekitar 10 m. Saat itu tinggi air mencapai lutut, kamipun berjalan pelan-pelan agar tidak tergelincir batu. Setelah menyeberang dan kemudian naik lagi, ada tempat camp yang cukup luas di sebelah kiri jalur. Di sini kami istirahat sambil mengeringkan sepatu dan kaos kaki yang basah kuyup.
Perjalanan dilanjutkan dengan masih meyusuri padang rumput. Jalan relatif terus menanjak hingga kemudian vegetasi berganti menjadi tanaman semak perdu dan pohon-pohon kecil. Kita harus menerjang ranting-ranting di kanan kiri jalur yang begitu rapatnya. Berjalanpun dengan posisi tangan melindungi muka agar tak terkena ranting.
Di tengah perjalanan menuju Kolam Badak, kami bertemu dengan anak Palaba-Jakarta. Kamipun berhenti dan mengobrol banyak, terutama tentang Leuser. Hari itu adalah hari ke-10 mereka. Hari ke-8 mereka berhasil mencapai Puncak Loser namun mereka langsung turun, tidak lanjut ke Puncak Leuser. Mereka memang merencanakan 12 hari pendakian. Kira-kira sejam kami mengobrol, akhirnya kami berpisah untuk melanjutkan perjalanan masing-masing.
Dan hujan pun turun, kami langsung mengenakan raincoat dan terus melanjutkan jalan. Perlahan tapi pasti, tibalah kami di Kolam Badak dan dengan segera mendirikan tenda. Kondisi kontur di sini agak miring, kamipun membuat selokan agar air tidak mengalir menggenangi tenda. Sumber airnya berupa kolam besar yang banyak ditumbuhi lumut. Konon di sini dulu adalah tempat berendamnya badak.

Iklan