korup

by pramana

hari ini (Kemaren_red) bolos kantor lagi, untuk yang ketiga kalinya.busyet, bandel sangat PNS satu ini. tapi untuk yang hari ini alasan bolosnya jelas, saia terserang flu berat meski tidak seberat flu burung. penyakit ini membuat saia cukup betah berlama-lama tidur di sekretariat alumni. jelas bukan alasannya? alasan bolos untuk yang sebelum2nya juga jelas si, gara2 sibuk ngurusin reuni akbarnya STAN, 11 november kemaren. walopun sebenernya reuni akbar akan tetap baik2 saja bila saia tidak bolos.

ajaibnya, walau sudah tiga kali bolos tapi absen saia tetap full, penuh terus, tidak bolong-bolong, he5 keren bukan? bukan cuma kuliah yang bisa nitip absen, kerja juga. mumpung absen kantor masi pake tanda tangan, belum fingerprint. mumpung masi magang, belum PNS penuh.

hehe, bibit2 koruptor. korupsi waktu. sekilas keliatan sangat sepele, tapi bila diperhatikan dengan seksama, akan terlihat sepele juga. beda bila dilihat dengan hati, hal-hal seperti yang telah saia lakukan di atas, sebenarnya berpotensi melukai  hati rakyat. pegawai negeri sipil adalah seseorang yang ditugaskan untuk mengabdi pada negara, sebuah tugas mulia yang tidak gampang dan tidak semua orang mau melakukannya. pegawai negeri sipil adalah orang yang digaji oleh rakyat, kasarannya begitu. gaji PNS adalah mata anggaran terbesar di APBN, dan pemasukan terbesar APBN adalah pajak yang notabene berasal dari rakyat. berhubung digaji oleh rakyat, dipercaya oleh rakyat untuk mengurus negeri ini, wajar dong bila PNS seharusnya memberikan pelayanan terbaik untuk yang membayarnya, menunjukkan pengabdian terbaik.

korupsi adalah wujud pengkhianatan terhadap kepercayaan yang telah diamanahkan rakyat pada para pengabdi negeri, termasuk korupi waktu. korupsi waktu juga ga jauh beda ma korupsi duit, sama-sama merugikan negara, bedanya, yang satu merugikan secara nyata, yang lain merugikan secara abstrak.

namun, korupsi waktu kadang muncul karena keterpaksaan. ruang lingkup kerjaan PNS yang terkesan itu-itu saja, membosankan bagi sebagian orang, punya andil besar dalam memupuk potensi itu.

pegawai negeri itu dituntut kreatif, biar ga mati bosen di kantor, biar ga bolos2 terus, biar ga pengen pulang cepet terus, biar lebih betah di kantor daripada di mall, biar lebih berguna bagi bangsa.

semoga saia bisa jadi yang berguna buat bangsa. tapi saia juga bosen di kantor kalo kerjaannya itu-itu mulu. binun saia,

Iklan